Minggu, 21 Juli 2013

Tugas Akhir semester



TUGAS AKHIR
         MATA KULIAH  :  TEORI & PERILAKU ORGANISASI
Drs.Ec. I.D.K.R.  Ardiana, MM

TUJUAN.      
Setelah mahasiswa mempelajari secara keseluruhan konsep dan aplilkasi dari Teori & Perilaku Organisasi, maka sebagai tugas akhir dalam pembelajaran ini adalah membuat karya ilmiah (makalah) dalam bentuk “Consultant Report”, dimana tujuan dari laporan ini adalah agar mahasiswa mampu mengaplikasikan “Keterampilan Menangani Orang-orang dalam suatu organisasi.


KETENTUAN DALAM MENYUSUSN LAPORAN.
1. Tentukan terlebih dahulu organisasi yang akan anda tangani (dikelola) sebagai obyek untuk mengaplikasikan keterampilan menanga- ni orang-orang.

2. Tentukan topik/judul laporan sebagai batasan dari permasalahan yang akan dibahas, dengan mengkaitkan variable-variabel indepen- dent dan dependent dari keorganisasian sebagai berikut  :

 Variable Independent                                    Variabel Dependent
 a. Sikap dan Kepribadian                            a. Produktivitas
b. Motivasi
c. Tim kerja dan Dinamika kelompok           b. Absensi
d. Manajemen konflik dan Negosiasi
e. Manajemen stress  dan konflik                    c. Pergantian karyawan
f. Politik dan Kekuasaan      
g. Kepemimpinan                                            d. Kepuasan kerja
h. Proses komunikasi
i. Proses pengambilan keputusan                     e. Kinerja
j. Struktur dan disain organisasi
k. Budaya organisasi

3. Tentukan masalah-masalah keorganisasian yang relevan dan cari pemecahannya/solusi yang sesuai dengan pendekatan yang anda pilih pada point 2.

4. Format laporan (consultant report) dibuat secara singkat, tegas dan tajam, mencerminkan suatu pemecahan (solusi) dari masalah ke- organisasian yang anda soroti.

EVALUASI
1. Relevansi topok/judul.
Topik/judul, singkat, jelas & tegas, komunikatif dan informative, mencerminkan hubungan antara vaeriabel independent dan dependent dari variable-variabel keorganisasian.
2. Relevansi pemecahan.
Kronologis dari pemecahan (solusi) yang diberikan dengan berdasar- kan pada konsep yang dipilih sebagai dasar pemecahan dan aplikasi dari konsep tersebut dalam berbagai program keorganisasian pada or- ganisasi yang dipilih.
3. Evaluasi diberikan secara individual dengan tetap mengacu pada education and behavior evaluation atas partisipasinya pada pembuatan laporan ini.
4. Batas waktu laporan adalah saat kuliah terakhir dan akan di diskusikan bersama di kelas, kemudian baru diserahkan untuk dievaluasi.






t/po-05





Tidak ada komentar:

Posting Komentar